Jumat, 03 Maret 2017

Pengertian Penyakit Kelenjar Getah Bening Di Ketiak

Selamat datang di halaman kesehatan kami , halaman ini adalah halaman kesehatan yang di dalam nya akan memberikan informasi berbagai artikel kesehatan.Pada kesempatan kali ini halaman kesehatan kami akan memberikan informasi tentang pengertian penyakit kelenjar getah bening di ketiak.Untuk informasi lebih lengkap mengenai kelenjar getah bening di ketiak , mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya.


Timbulnya benjolan di ketiak merupakan salah satu indikasi sebagai salah satu gejala awal dari timbulnya salah satu penyakit yang sering menyerang ketiak.Munculnya penyakit benjolan di ketiak merupakan salah satu penyakit pembengkakan kelenjar getah bening.Pembengkakan kelenjar getah bening ( lymphadenopathy ) adalah kondisi ketika kelenjar getah bening atau gumpalan jaringan sebesar kacang yang berisi sel darah putih mengalami pembesaran.Salah satu penyebab utama timbulnya benjolan di ketiak adalah infeksi virus atau bakteri , hal itu terjadi dengan cara bekteri masuk melalui pori-pori dan folikel rambut misalnya setelah menggaruk-garuk ketiak atau mencabut bulu ketiak dengan tidak memperhatikan kebersihan.Ketika semua hal itu terjadi akan menjadi abses atau timbulnya segumpulan nanah dan akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh menjadi panas badan dan lemas. 

Segera lakukan tindakan pemeriksaan dan pengobatan apabila saat ini anda sedang mengalami keluhan penyakit benjolan di ketiak disertai dengan keluhan keluhan berikut ini :
  • Kelenjar getah bening terasa keras saat ditekan.
  • Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas disertai badan yang terasa lemah.
  • Kelenjar getah bening telah membengkak lebih dari dua minggu dan/atau disertai dengan ukuran yang membesar.
  • Anda mengalami demam yang tidak kunjung mereda.
  • Anda selalu berkeringat di malam hari.
  • Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas.
Sangat penting untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kelenjar getah bening ini sebelum penyakit kelenjar getah bening tersebut lebih parah dan kronis lagi.Biasanya penyakit kelenjar getah bening sering menyerang bagian tubuh di daerah ketiak , leher , selangkangan , pangkal paha , di bawah dagu.Lakukan pola hidup yang teratur dan sehat terutama di dalam mengkonsumsi jenis jenis makanan.Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh para penderita penyakit kelenjar getah bening.Berikut ini adalah makanan makanan yang harus di hindari para penderita kelenjar getah bening :
  • Sayur-Sayuran : Tauge mengandung zat yang mendorong pertumbuhan sel kanker. Sawi putih dan kangkung mengurangi efektivitas kerja obat. Cabai merangsang aktifitas bawah sadar sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh.
  • Buah-Buahan : Lengkeng dan nangka mengandung zat tumbuh bagi sel kanker. Durian, duku, nanas, dan anggur menghasilkan alkohol sehingga merangsang berkembangnya sel kanker. Minuman ringan atau soft drink bersifat karsinogen. Es atau minuman dingin mengganggu kelancaran peredaran darah. Alkohol merangsang aktivitas bawah sadar sehingga jumlah oksigen dalam tubuh menurun.
  • Daging dan Ikan Asin : Daging (sapi, kerbau, kambing, babi) memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal. Ikan asin yang diolah dari bahan tidak segar mengalami penguraian sehingga menjadi bahan allergen yang mengundang reaksi imunitas tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa meriang, gatal-gatal, dan bengkak. Sementara itu, bagi penderita kanker akan timbul reaksi berdenyut-denyut dan timbul rasa nyeri di bagian tubuh yang terkena kanker. Selanjutnya karena ada gangguan permeabilitas (penyerapan air) jaringan tubuh, permukaan luka akan tampak basah, benyek, dan kadang-kadang terjadi perdarahan. Yang lebih memprihatinkan, beberapa produsen pengolah ikan sering menambahkan formalin atau bahan pengawet mayat, bukan pengawet makanan. Formalin ini bersifat hepatotoksik atau racun bagi organ hati, sehingga semakin lama mengganggu sistem kerja sel dan jaringan yang akhirnya memicu kanker. 
  • Makanan yang Diawetkan : Makanan awetan mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogen aktif. Makanan yang dibakar,bagian yang gosong atau hangus mengandung zat karsinogen.
  • Sea food : Udang , kerang, kepiting, cumi mengandung kandungan lemak tinggi. Penderita kanker atau tumor harus mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi karena bisa merangsang berkembangnya sel kanker.
  • Daging Unggas : Biasanya untuk memacu pertumbuhan ternak atau unggas digunakan obat-obatan kimia termasuk hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh hewan sehingga bobot ternak atau unggas cepat meningkat. Suntikan hormon yang diberikan pada ternak mirip hormon anabolic pada manusia. Hormon ini diduga memicu kanker prostat dan kanker kelenjar.
Itulah informasi mengenai pengertian penyakit kelenjar getah bening di ketiak.Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mengalami keluhan penyakit benjolan di ketiak.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar